Pemkab Way Kanan Terima Penghargaan Adipura Untuk Ketiga Kali

by

WAY KANAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan di bawah kepemimpinan kedua Priode Bupati Raden Adipati Surya, kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih penghargaan Adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut kategori Kota Kecil.

Piala Adipura Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong kepada Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, di Auditorium Dr.Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Di, Jakarta Pusat, Selasa (05/3/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul, menyampaikan 2 Maret 2024 Pemkab Way Kanan telah menerima Undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui surat Nomor UN.13/PSLB3/PAS/PLB.0/2/2024 tertanggal 29 Februari 2024, Tentang Penyerahan Penghargaan Anugerah Adipura 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan juga mengatakan Piala Adipura Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 yang
diserahkan pada hari selasa (5-3-2024) merupakan hasil penilaian dari Tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada periode Tahun 2023-2024.

Menurut Saipul, pada pertengahan Tahun 2023, Kabupaten Way Kanan telah dinilai tahap I terhadap capaian Pengelolaan Sampah melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selanjutnya pada awal Tahun 2024 Kabupaten Way Kanan kembali kedatangan Tim Penilai Adipura untuk melakukan penilaian Tahap II. Penilaian adipura dilakukan terhadap kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

Lokasi Penilaian dilakukan pada 34 titik pantau yang terdiri dari Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA), perkantoran, jalan, pemukiman, sekolah, stasiun KA, RSUD, Puskesmas, Bank
Sampah, saluran terbuka, hutan kota, taman kota dan lainnya.

Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, mengaku sangat bersyukur karena penghargaan Adipura yang selama ini dirindukan masyarakat Way Kanan akhirnya bisa diwujudkan kembali.

Karena penghargaan Adipura kategori kota kecil kabupaten ini merupakan yang ketiga kalinya diraih Pemerintah
Kabupaten Way Kanan.

“Alhamdulillah, ini merupakan penghargaan Adipura ketiga kali berturut-turut dari KLHK RI dan tentunya sebuah prestasi yang
membanggakan bagi Kabupaten Way Kanan apalagi sebelumnya tahun 2023 dan tahun 2024 ini Kabupaten Way Kanan merupakan satu-satunya kabupaten dari 15 kabupaten/kota di Propinsi Lampung yang meraih Piala Adipura,” kata Bupati Way Kanan.

Menurut Raden Adipati Surya, pencapaian gemilang Kabupaten
Way Kanan di tingkat nasional tersebut merupakan apresiasi dari pemerintah pusat atas kerja keras dan dedikasi seluruh masyarakat kabupaten Way Kanan dalam menciptakan lingkungan bersih, sehat, hijau dan berkesinambungan terhadap lingkungan.

Bupati mengatakan ini semua tak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan semua pihak di Kabupaten Way Kanan.

“Terima kasih atas sinergi dan kerja keras semua pihak, Lebih lanjut bupati juga mengapresiasi atas adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah. Sehingga kebersihan dapat terjaga di Kabupaten Way Kanan,”ucapnya.

Atas nama Pemkab Way Kanan, Adipati Surya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh OPD, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait.

“Semoga dengan capaian Anugerah Adipura yang kita raih pada hari ini mampu memotivasi, meningkatkan kesadaran masyarakat dan penyemangat kita untuk lebih baik lagi kedepan serta mampu menumbuhkan semangat kebersamaan untuk membangun Kabupaten Way Kanan,”pungkasnya (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *