Siapkan Mahasiswa Asing untuk Pidato dan Tes UKBI, IIB Darmajaya Gandeng Kantor Bahasa Lampung

by

BANDARLAMPUNG –Dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa Indonesia mahasiswa beasiswa Darmasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggandeng Kantor Bahasa Provinsi Lampung untuk memberikan pengajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA).

Adapun kedua mahasiswa beasiswa Darmasiswa IIB Darmajaya yakni Ameera Kazie Alli dari Afrika Selatan dan Zhang Yuhang dari Tiongkok. Keduanya merupakan penerima beasiswa Darmasiswa Republik Indonesia tahun 2023-2024 untuk belajar bahasa Indonesia dan budaya di Kampus The Best IIB Darmajaya.

Kepala UPT Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan dua mahasiswa penerima beasiswa tersebut menjalani aktivitas selama 10 bulan. “Aktivitas tersebut meliputi belajar bahasa Indonesia, seni dan budaya. Untuk meningkatkan penguasaan bahasa Indonesia kita menggandeng Kantor Bahasa Lampung sebagai pengajar,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Masih kata dia, mereka menjalani enam kali pertemuan yang juga disiapkan untuk berpartisipasi dalam ujian “Aku Bisa Bahasa Indonesia”. “Kita ingin kualitas penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat diperoleh keduanya dengan mendapatkan pengajaran langsung dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Mereka diajar langsung oleh Yohana Shera Raynardia Findi Nugrahini dan Lusiana Dewi,” ujarnya.

Rahmalia menambahkan dalam pertemuan terakhir bersama pengajar Kantor Bahasa Provinsi Lampung akan dilakukan praktik berpidato. “Keduanya akan berpidato untuk melihat kualitas penggunaan kata dan penguasaan bahasa Indonesianya. Sehingga mereka dapat fasih berbicara dalam bahasa Indonesia usai menjalani program Beasiswa Darmasiswa,” tuturnya.

Selain itu juga keduanya akan menjalani tes uji kemahiran bahasa Indonesia (UKBI). Dimana seberapa jauh pemahaman dan penguasaan bahasa Indonesia yang dimilikinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *